Bahaya Dengar Musik Sambil Mengendarai Motor

Bahaya Dengar Musik Sambil Mengendarai Motor

Ketika mengemudi mobil, seseorang dapat menikmati lantunan lagu ataupun musik lewat sistem audio yang tersedia. Sayangnya, keadaan ini tidak dapat dirasakan oleh pengendara sepeda motor standar.

Untuk dapat berkendara sepeda motor sembari menikmati musik, lagu, ataupun siaran radio, pengendara hanya dapat pakai aplikasi yang ada di gawainya. Suara dapat didengar lewat perangkat headset yang dikoneksikan ke smartphone.

Meski demikian, langkah ini ternyata berisiko untuk terjadinya kecelakaan. Sebab, pengendara akan kehilangan fokus, dan tidak sensitif dengan keadaan yang ada di sekitarnya sementara berkendara.

Melansir dari 100KPJ, Jumat 30 Oktober 2020, ada lebih dari satu hal yang membawa dampak risiko kecelakaan dikala pengendara motor memaksakan diri berkendara sembari mendengarkan musik.

Paling pertama adalah berkurangnya konsentrasi, karena  tubuh akan terasa lebih rileks dan fokus terhadap jalur berkurang. Kondisi ini, bukan mustahil membawa dampak terjadinya kecelakaan lalu lintas yang merugikan pengendara sendiri, maupun pengguna jalur lain.

Lalu, mendengarkan suara atau musik sementara berkendara motor berpotensi tak dapat mendengarkan klakson yang dibunyikan oleh kendaraan lain. Sebagaimana diketahui, klakson merupakan sinyal komunikasi dikala berada di jalanan.

Selain itu, Mengenakan headset yang kabelnya panjang dapat mengganggu dikala berkendara. Sebab, dapat saja kabel selanjutnya menyangkut lengan atau tangan hingga membawa dampak pengendara hilang kendali dan keseimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *