Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Masuk Indonesia Oktober 2020?

Empat mobil baru bakal dihadirkan PT Toyota Astra Motor (TAM) hingga akhir tahun ini. Dua mobil pertama, yakni Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova. Kendati demikian keduanya sejatinya merupakan edisi facelift, jadi bukan benarbenar brand new. Selain itu dua mobil lainnya merupakan mobil baru, yakni, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang diperkirakan akan memasuki tanah air pada Oktober mendatang. Kedua telah meluncur lebih dulu di Jepang pada November.

Saat ditanya kemungkinan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan dipasarkan tahun ini di Indonesia, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, perusahaan belum mau berkomentar. Perusahaan belum mau berkomentar tentang rencana peluncuran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Setelah Daihatsu Ayla dan Sirion, PT TAM belum berencana meluncurkan model baru.

Sementara itu beredar rumor yang mengungkap Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan dirilis di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) yang pelaksanaannya mundur dari rencana Agustus menjadi Oktober 2020.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky telah dijual di Jepang sejak akhir tahun lalu. Dua mobil ini menggunakan mesin 1.0L turbo . Menariknya, ADM telah melakukan uji coba mesin 1.0L turbo milik Daihatsu Thor di jalan-jalan di Indonesia. Hasil pengujian itu berjalan dengan baik dan dinilai cocok untuk melaju di jalan-jalan Indonesia.

Sementara itu untuk urusan mesin, baik Toyota maupun Daihatsu memiliki beberapa piliham mesin. Kedua brand itu juga memiliki beberapa opsi, seperti mesin 1.0L yang digunakan di Jepang. Demikian halnya mesin 1.2L yang juga digunakan oleh Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Diprediksi Toyota-Daihatsu tetap menggunakan mesin 1.0L yang juga dijual di Jepang. Di negara asalnya, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky menggunakan mesin dengan kode 1KR-VET dengan kubikasi 1.000 cc turbo. Menariknya, di negara asalnya Daihatsu Rocky dijual lebih mahal dibandingkan Toyota Raize. Padahal selama ini harga mobil kembar Toyota dan Daihatsu sellau lebih mahal Toyota. Nah, Raize dan Rocky varian terendah saja memiliki selisih senilai Rp 8,3 juta, dengan atian teratas beda harga hingga Rp 20,6 juta. Pihak Astra sendiri menyebut perbedaan harga wajar, karena Daihatsu Rocky memiliki fitur lebih lengkap.

Nah, kedatangan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ke Indonesia ini tentu saja sangat diharapkan oleh pencinta otomotif di Indonesia. Dan semoga saja pandemi COVID-19 sudah berakhir, sehingga sektor otomotif kembali bergairah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *