Efek Mesin Kena Air Akibat Banjir

Efek Mesin Kena Air Akibat Banjir

Air adalah musuh utama bagi kendaraan bermotor. Tidak cuma dapat mengakibatkan komponen logam terhadap motor dan mobil terkena korosi, air juga dapat bahaya jikalau bercampur bersama oli mesin.

Hujan tambah kerap mengguyur wilayah Jabodetabek. Para pengguna kendaraan bermotor pastinya wajib waspada. Untuk bikers misalnya, disarankan agar tidak memaksakan melalui genangan banjir. Sebab jikalau air hingga masuk ke didalam ruang mesin dan bercampur bersama oli, itu bakal berdampak buruk terhadap jeroan mesin.

Menurut penjelasan Federal Oil didalam info resminya, ada beberapa dampak yang ditimbulkan dari bercampurnya oli bersama air dan lantas dibiarkan. Apa saja?

Pertama wajib diketahui bahwa oli memiliki sifat demulsifier, yang artinya oli dapat memisahkan diri bersama air, namun didalam masalah ini oli dan air bersatu di daerah yang sama walaupun selalu terpisah.

Akibat dari ada takaran air terhadap oli mesin, maka proses pelumasan menjadi tidak optimal. Mesin bakal menjadi berat, dan selanjutnya suhu mesin bakal menjadi lebih panas.

Bila kondisi seperti itu tetap dipaksakan, bakal mengakibatkan kerusakan mesin motor, takaran air yang tercampur bersama oli dapat mengakibatkan korosi terhadap komponen yang ada di didalam mesin, agar mesin motor bakal cepat rusak.

Untuk sadar oli tercampur air atau tidak benar-benar mudah, yakni bersama cara lihat warna oli. Jika oli mesin berwarna putih, maka dipastikan oli telah tercampur air. Jika oli mesin telah bercampur bersama air, jalur satu-satunya adalah wajib mengganti oli mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *