Josep Guardiola, Si Pembawa Keberuntungan untuk Lionel Messi dkk

Josep Guardiola, Si Pembawa Keberuntungan untuk Lionel Messi dkk Mantan pelatih tim muda Barcelona, Jordi Vinyals, jadi bahwa Lionel Messi dkk beruntung bisa punya pelatih layaknya Josep Guardiola. Sebab Guardiola berani untuk memainkan mereka meski tetap muda.

Tahun 2008 menjadi peristiwa yang bersejarah bikin IDN Poker Online raksasa Spanyol tersebut. Kala itu, mereka mengangkat Guardiola yang belum punya pengalaman sebagai suksesor pelatih sebelumnya, Frank Rijkaard.

Ternyata perjudian Barcelona terhadap Guardiola berhasil. Malah lebih tepatnya melampaui ekspektasi. Pria yang terhitung pernah membela Barcelona sebagai pemain itu menyumbang 14 trofi hanya dalam kurun kala empat musim saja.

Kontribusi Guardiola tidak hingga di situ. Ia terhitung ikut bertanggungjawab atas bersinarnya sejumlah pemain muda Barcelona. Lionel Messi, Xavi, dan terhitung Andres Iniesta mencapai puncak kejayaan kala diasuh oleh dia.

Dulu, klub ada problem untuk mengimbuhkan keyakinan kepada pemain muda. Terutama bagi klub besar. Pasalnya mereka dituntut mencapai trofi di tiap tiap musim dan pemain muda bukan solusi yang pas untuk itu.

Namun Guardiola berani mempertaruhkan semuanya kepada mereka. Sosok layaknya Ronaldinho dan Deco dipinggirkan untuk berikan area kepada Messi dkk. Messi saja tetap jarang dimainkan sebelum saat Guardiola datang.

Itulah mengapa Vinyals jadi bahwa Guardiola punya jasa yang besar terhadap mereka. Dan mereka beruntung bisa punya pelatih layaknya Guardiola.

“Xavi, Iniesta, dan Messi tentu saja adalah talenta yang fantastis. Tapi mereka terhitung beruntung, karena mereka hanya diberi sedikit kesempatan. Mereka senantiasa tenang dan secara berlanjut dimasukkan ke dalam tim inti,” ujarnya ke Goal.

“Dan terhadap suatu hari, seseorang yang mengerti soal apa yang diperlukan untuk mengintegrasikan pemain berasal dari akademi (Guardiola) datang. Dia punya keberanian untuk mengambil ketetapan yang tidak nyaman dan mengorbankan nama besar untuk mengimbuhkan peran pemimpin kepada pemain muda.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *